What did we do in Jepara


  • Persiapan

Dua studio pada hari Minggu bersiap untuk melakukan survei instansi dan lapangan selama seminggu di Jepara, lebih tepatnya di Desa Jambu, Mlonggo. Keberangkatan tertunda cukup lama dikarenakan seluruh isi kelas B menyelesaikan laporan buku Perencanaan Tapak terlebih dahulu. Semula keberangkatan dijadwalkan pada pukul 3 sore, namun keberangkatan menjadi setelah Maghrib. Yang berangkat adalah semua anggota dan sampai di kontrakan kira-kira pukul 8. Karena perjalanan menggunakan sepeda motor, semua anggota lelah. Untuk melepas lelah, malam tersebut digunakan untuk beristirahat agar pada hari Senin semua anggota duastudio telah siap untuk melakukan survei.

  • Hari 1

Hari pertama semua anggota duastudio bersiap untuk melakukan survei instansi dan pemahaman mental map. Semua anggota terlibat dalam melakukan survei instansi. Survei instansi dilakukan di hari pertama (Senin) karena berjaga-jaga apabila data yang diperlukan tidak dapat langsung diterima di hari pertama. Kejadian yang kurang diinginkan pun terjadi, perwakilan duastudio, yaitu Ugra yang melakukan survei instansi di Dinas Perikanan dan Kelautan bersama Akhyar (Kelompok 5), Ratna dan Rosemary (Kelas A) tidak langsung mendapatkan data pada hari tersebut. Timbullah kekecewaan di setiap perwakil, namun perwakilan tetap sabar dan semangat karena optimis akan mendapatkan data yang diinginkan. Selain Ugra, anggota duastudio yang lain juga melakukan survei instansi di Kecamatan untuk mengambil data demografi dan ada pula melakukan mental mapping di TPI dan Mebel Garden.

  • Hari 2

Hari kedua (Selasa), adalah waktunya untuk melakukan survei lapangan. Sekitar pukul 10 pagi, divisi satu dan tiga duastudio serentak untuk melakukan survei lapangan. Divisi satu, yaitu Ugra, Retno, Aldia, dan Ummi melakukan wawancara di permukiman sekitar TPI. Tujuan dari wawancara tersebut adalah mengetahui kondisi permukiman di sekitar TPI dan jarak terdekat permukiman dari garis pantai, serta apakah permukiman tersebut pernah terjadi bencana yang berasal dari pantai. divisi tiga melakukan wawancara dan mendokumentasikan kegiatan yang ada di industri mebel garden. divisi dua melakukan survei ke TPI pada tengah malam. Survei tersebut dilakukan di tengah malam karena TPI melakukan kegiatan di atas pukul 12. Data dari Dinas Perikanan dan Kelautan juga telah diterima di hari kedua ini.

  • Hari 3

Hari ketiga (Rabu), kelompok kita melakukan traffic counting. sesuai dengan schedule map kelompok studio 2, untuk traffic counting dibagi menjadi 3 tempat untuk menghitung aksesbilitas serta pendistribusian bahan baku yang ada pada jalan Jepara-Mlonggo, Jalan Jambu-Karanggondang,dan jalan Jambu-TPI. Untuk divisi satu, yaitu Ugra, Retno, Aldia, dan Umi melakukan traffic counting pada jalan Jambu-TPI. Divisi dua, yaitu Aulia, Santi, Astri, dan Togu melakukan traffic counting pada Jalan Jepara -Mlonggo. Divisi tiga, yaitu Ruri, Dita, Rona, dan Aya melakukan traffic counting pada jalan Jambu-Karanggondang.

  • Hari 4

Hari keempat (Kamis), kelompok kita melakukan survei lapangan seperti pada hari kedua. Bedanya, pada hari keempat kelompok kami melakukan observasi, wawancara, dan kuisioner untuk mengetahui aktivitas penduduk, interaksi ruang (angkutan umum), dan hunian penduduk. Untuk mengetahui aktivitas penduduk kelompok kami melakukan teknik wawancara kepada penduduk yang bermukim di Desa Jambu. Untuk mengetahui interaksi ruang (angkutan umum) juga melakukan teknik wawancara. untuk mengetahui  tentang hunian penduduk pada Desa Jambu, kita melakukan teknik kuisioner dan wawancara. Kelompok kita juga melakukan dokumentasi untuk mendapatkan gambar tentang aktivitas penduduk, interaksi ruang , dan hunian penduduk.

  • Hari 5

Hari kelima (Jum’at), kelompok kita pergi ke Pulau Panjang pagi-pagi jam 06.00 sekedar untuk rekreasi hingga pagi menjelang siang sekitar jam 09.30. Pada siang harinya kelompok kita beristirahat menikmati suasana Desa Jambu. Pada malam harinya, untuk pertama kali kelompok kita makan malam di luar tepatnya di sentral Jepara yaitu sekitar alun-alun. Kebetulan pada saat itu kelompok kita bertemu kelompok 4. Setelah makan malam kelompok kita berlanjut dengan jalan-jalan di sekitar alun-alun dan bertemu dengan kelompok 1. Setelah selesai kemudian kelompok kita pulang ke kontrakan dan melanjutkan pekerjaan. Pekerjaan tersebut berupa cek data dan kompilasi data.

  • Hari 6

Hari keenam (Sabtu), kelompok kita bersiap-siap untuk pulang. Packing dilakukan sekitar jam 09.00. Kemudian setelah berpamitan dengan pemilik kontrakan dan petinggi Desa Jambu, kelompok kita berangkat untuk pulang ke Semarang sekitar jam 12.30 dan sampai dengan selamat jam 15.30

Berikut adalah tabel timeline kegiatan seTWOdio

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s